BLOG Rolling Hills

7 Tips Bisnis Penyewaan Rumah yang Wajib Diketahui

Rolling Hills: 7 Tips Bisnis Penyewaan Rumah yang Wajib Diketahui

Rolling-hills.id, KarawangSalah satu keuntungan investasi rumah adalah Anda memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mendapatkan passive income dari penyewaan rumah. Berbisnis penyewaan rumah memang sangat menguntungkan bagi Anda. Selain passive income yang didapatkan, rumah Anda juga akan lebih terawat karena diurus setiap hari oleh penyewa.

Bisnis penyewaan rumah memang sangat menjanjikan karena kebutuhan rumah dan hunian yang sangat tinggi. Salah satu pasar penyewaan rumah yang sangat potensial adalah kawasan industri Karawang. Kesibukan industri yang sangat tinggi di Karawang mampu mendatangkan jutaan pendatang setiap tahunnya. Para pendatang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini tentu membutuhkan hunian sementara sebelum menemukan rumah idaman mereka ataupun pindah tugas. Oleh karena itu, pasar rumah sewaan di Karawang tidak pernah sepi peminat.

Namun, tentu para pendatang ini menginginkan hunian yang nyaman dan strategis. Salah satu hunian yang strategis yang berada di Karawang adalah Perumahan Rolling Hills. Perumahan Rollin Hills merupakan perumahan yang berlokasi langsung di depan pintu Tol Karawang Barat sehingga akses menuju Tol sangatlah mudah. Selain itu, perumahan Rolling Hills Karawang juga merupakan perumahan yang didesain langsung oleh arsitek kenamaan dunia, Alex Bayu, sehingga menghasilkan rumah yang indah, nyaman, dan sangat cocok bagi keluarga modern. Bisa dipastikan bahwa perumahan Rolling Hills merupakan perumahan yang sangat ideal untuk dijadikan investasi dan bisnis sewa rumah.

baca juga: Tips Investasi Properti di Masa Pandemi

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk terjun kedalam bisnis sewa rumah ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Apa saja hal-hal dan tips-tips bisnis penyewaan rumah yang wajib Anda ketahui? Simak selengkapnya di sini.

1. Menetapkan Harga Sewa

Untuk memulai bisnis sewa rumah tentunya Anda harus menentukan harga sewa yang paling cocok. Harga sewa rumah yang Anda tetapkan harus mengikuti harga pasar dengan mengacu pada luas bangunan dan tanah yang dimiliki. Oleh karena itu, sebelum menetapkan harga sewa rumah, Anda harus melakukan riset harga pasaran sewa rumah di sekitar rumah yang Anda miliki. Selain itu, fasilitas yang tersedia di sekitar rumah-pun akan menentukan harga sewa rumah sehingga Anda harus menetapkan harga sewa secara hati-hati agar tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.

2. Hitung dengan Teliti Pengeluaran Anda

Ketika Anda memiliki properti seperti rumah, tentu Anda berkewajiban untuk melakukan maintenance, membayar pajak bumi dan bangunan, mempersiapkan pengeluaran yang tak terduga, biaya asuransi dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda dapat mengihtung dengan seksama berapa pendapatan pasif yang diterima dari bisnis penyewaan rumah dan berapa pengeluaran rutin yang harus Anda bayarkan. Dengan menghitung biaya-biaya tersebut, Anda dapat lebih objektif dalam menentukan harga sewa rumah.

3. Menyeleksi Penyewa Rumah

Anda tentu tidak ingin penyewa rumah Anda adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Menyeleksi penyewa rumah sangat penting jika Anda menginginkan rumah Anda tetap terawat dengan baik. Dengan menentukan kriteria penyewa Anda dapat menghindari kerusakan bangunan akibat dari tingkah laku yang kurang bertanggung jawab dari penyewa rumah. Kriteria yang bisa Anda buat misalnya adalah; apakah penyewa rumah telah berkeluarga? Berapa anggota keluarga maksimal yang bisa menyewa rumah? Apakah penyewa diizinkan untuk membawa hewan peliharaan dan lain sebagainya.

4. Membuat Peraturan Kontrak

Sebagai pemilik rumah, Anda tentu masih memiliki tanggung jawab atas rumah yang Anda miliki. Oleh karena itu, Anda bisa membuat peraturan yang dapat menjamin ketertiban lingkungan sekitar rumah, keutuhan fasilitas yang disediakan, dan kebersihan rumah. Membuat peraturan kontrak akan menjadi salah satu tugas Anda ketika terjun ke bisnis penyewaan rumah. Peraturan tersebut dapat disepakati oleh penyewa dan dipatuhi selama tinggal di rumah sewa yang Anda miliki.

5. Melakukan Perbaikan Rumah

Sebelum Anda mengiklankan rumah, Anda sebaiknya harus memastikan bahwa rumah yang disewakan sudah layak huni, Jangan sampai Anda mendapatkan complain bahwa rumah yang Anda sewakan memiliki banyak kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa rumah sudah layak huni dengan melakukan pemeriksaan kondisi rumah dan perbaikan pada bagian-bagian yang sudah rusak. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengecat ulang rumah agar tampilan rumah lebih menarik.

6. Mengosongkan Rumah dari Perabotan

Selain melakukan pemeriksaan dan perbaikan rumah, Anda juga harus mengosongkan rumah dari perabotan yang mudah rusak. Berdasarkan pengalaman, perabotan yang ditinggalkan di rumah sewa akan sangat rawan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, demi menghindari risiko perabotan rumah yang rusak Anda dapat mengiosongkan rumah dari berbagai perabotan yang mudah rusak seperti porselen, televisi, lemari kaca, sofa, meja dan lain sebagainya. Namun ada kalanya penyewa rumah menginginkan rumah sewa yang telah lengkap dengan perabotan. Dalam kasus tersebut, kontrak dan peraturan sewa akan sangat bermanfaat. Anda dapat meminta komitmen penyewa rumah untuk merawat perabotan yang Anda tinggalkan.

7. Mengiklankan Rumah untuk Disewakan

Setelah Anda memastikan kesiapan rumah untuk disewakan, Anda sekarang harus mengiklankan rumah pada berbagai media. Saat ini banyak tersedia media yang bisa dijadikan sebagai tempat beriklan. Selain memasang spanduk iklan, Anda juga bisa memasang iklan di media online. Banyak marketplace yang menyediakan sarana beriklan untuk Anda dengan cara yang sangat mudah. Anda dapat melakukan registrasi secara mandiri, memasang foto kondisi rumah, menuliskan copywriting tentang daftar fasilitas, keunggulan, dan lokasi rumah yang Anda sewakan.

Kesimpulan

Bisnis penyewaan rumah memang menjanjikan keuntungan pasif yang menggiurkan. Namun sebelum Anda menyewakan rumah, Anda harus memastikan harga sewa yang sesuai dengan harga pasaran dan kondisi rumah. Selain itu, berbagai biaya juga harus diperhitungkan agar Anda dapat menghitungkan keuntungan secara lebih objektif. Menyeleksi calon penyewa juga merupakan langkah bijaksana agar Anda tidak tersandung permasalahan seperti terjadinya kerusakan yang fatal di rumah yang Anda sewakan.

Perumahan Rolling Hills Karawang merupakan perumahan yang sangat baik untuk Anda jadikan sebagai invetsasi dan bisnis penyewaan rumah. Selain lokasinya yang sangat strategis berada di pusat industri dan ekonomi, perumahan Rolling Hills juga menawarkan berbagai fasilitas yang membuat penyewa rumah berlomba-lomba menyewa ruma Anda. (ADR).

wa